Senin, 17 Maret 2014

Video Terakhir Pilot dan Kopilot Malaysia Airlines MH370


Video Terakhir Pilot dan Kopilot Malaysia Airlines MH370

 

 Sejumlah pejabat mengatakan, ada kemungkinan pesawat didaratkan dan lalu mengirimkan sinyal dari darat.

Pilot Zaharie, ayah 3 anak, disebut-sebut sebagai pendukung fanatik tokoh oposisi Anwar Ibrahim -- yang dipenjara dalam kasus homoseksualitas beberapa jam sebelum pesawat lenyap. Juga terungkap bahwa istri dan anak sang pilot pindah dari rumah sehari sebelum pesawat menghilang.

Penyidik FBI mengatakan, hilangnya MH370 mungkin sebuah aksi pembajakan dan kemungkinan bahwa ratusan penumpang ditahan di lokasi yang tidak diketahui, belum dikesampingkan.

Sekitar 14 menit kemudian transponder -- yang berperan mengirim sinyal identifikasi - dimatikan dan tak lama kemudian pesawat berbelok tajam diduga  kembali ke Semenanjung Malaysia.

Malaysia Airlines Boeing 777 lepas landas dari Kuala Lumpur sekitar pukul 00.40 waktu setempat pada tanggal 8 Maret 2014, menuju ke Beijing. Sistem komunikasi dan pelaporan atau ACARS diketahui mati pada pukul 01.07.

Pada hari Sabtu , pemerintah Malaysia menegaskan bahwa pesawat itu sengaja dialihkan dan mungkin telah terbang ke utara di kawasan Asia Tengah, atau ke selatan mencapai Samudera Hindia.

Pejabat Menteri Transportasi Malaysia, Datuk Seri Hishammuddin Tun Hussein mengatakan, pencarian dilakukan di 11 negara yang diduga diterbangi pesawat yang raib. Awalnya pencarian dilakukan terutama di perairan dangkal di Laut China Selatan dan Selat Malaka.

Jumlah negara yang ikut andil dalam pencarian juga bertambah menjadi 25. "Pencarian ini sangat kompleks, menjadi upaya multinasional. Ini menjadi lebih dan lebih sulit," kata Hishammuddin.

Pak Menteri juga minta sejumlah negara menyediakan data satelit dan radar yang sensitif, untuk mendapatkan petunjuk jejak akhir pesawat.






















































Tidak ada komentar:

Posting Komentar