Rabu, 19 Maret 2014

Wisata Kabupaten Malang

BEBERAPA LOKASI WISATA DI KABUPATEN MALANG

Kabupaten Malang merupakan salah satu kabupaten terluas di Jawa Timur. Pesona alamnya yang indah membuat daerah ini banyak dikunjungi wisatawan. Namun, tahukah anda bahwa kabupaten ini memiliki eksklave (wilayah yang terpisah dengan wilayah utama) yang memiliki potensi alam sangat tinggi? Eksklave ini meliputi tiga kecamatan: Pujon, Ngantang, dan Kasembon yang dipisahkan oleh Kota Wisata Batu. Berpisahnya Kota Wisata Batu dengan Kabupaten Malang pada tahun 2001 membuat tiga kecamatan ini seakan terasing, jauh dari peradaban (in the middle of nowhere), dan hanya menjadi jalan untuk masyarakat Malang yang keluar kota menuju Kota Kediri dan Kabupaten Jombang. Bahkan, sekitar pertengahan tahun 2000an, ketiga kecamatan ini sempat mengancam untuk bergabung dengan Kota Wisata Batu jika Pemkab Malang tidak serius membangun daerah ini.
Padahal , kondisi geografis eksklave ini yang terletak di pegunungan membuatnya memiliki potensi besar. Selain hasil pertanian dan perkebunan melimpah, banyak potensi wisata alam yang dapat menjadi obyek wisata dan menarik wisatawan sehingga dapat meningkatkan pendapatan daerah, terutama warga sekitar. Berikut ini beberapa wisata eksklave Kabupaten Malang (Pujon, Ngantang, Kasembon).



1. Kecamatan Pujon
Kecamatan ini merupakan kecamatan paling timur yang berbatasan langsung dengan Kota Wisata Batu, berjarak sekitar 30 km dari pusat Kota Malang dan mempunyai kontur berbukit dengan ketinggian 1100 di atas permukaan laut. Kondisi ini membuat hawa dingin sangat terasa jika kita memasukinya. Wisata andalan Kecamatan Pujon antara lain :





A.  Coban Rondo

 13874099331982986550


 
Air Terjun Coban Rondo merupakan salah satu obyek wana wisata andalan yang dimiliki Kecamatan Pujon. Berada di desa Pandesari, air terjun ini tidak jauh dari kawasan wista payung Kota Batu. Jika anda ingin pergi ke sana, anda bisa melalui jalan raya menuju Kediri/Jombang dan anda akan menemukan Patung Sapi. Dari patung sapi ini anda masih harus masuk sekita 2 km mengikuti arah jalan. Sepanjang perjalanan anda akan disuguhi pohon-pohon tinggi semacam pinus jenis pinus merkusii. Tata letak pinus terlihat teratur, memenuhi kawasan menuju air terjun. Dengan panorama seperti ini, suasana terasah sejuk dan nyaman. Sesampainya di lahan parkir, suara air terjun sudah mulai terdengar. Semakin dekat maka gemericik air semakin terasa segarnya.

Di area wisata ini juga terdapat aneka penjual seperti gorengan, jagung bakar, minuman, dan sebagainya. Yang khas adalah tape ketan hitam yang diyakini bisa menambah kehangatan badan.
Pihak pengelola lokasi Coban Rondo juga menyediakan berbagai sarana permainan. Beberapa fasilitas permainan yang ada, antara lain flying fox dan hang out. Permainan ini bertujuan untuk menguji nyali setiap wisatawan yang ingin mencobanya.




B. Pemandian Dewi Sri

 13874101682098176955

  
Pemandian Dewi Sri juga menjadi andalan Kecamatan Pujon.  Pemandian ini berada pada ketinggian ± 1500 m dari permukaan laut. Luas areal Pemandian Dewi Sri kurang lebih 3,2 Ha.  Fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung Pemandian ini antara lain : kolam renang  anak-anak dan dewasa, taman, pasar bunga,buah, sayur serta cinderamata, hutan lindung  dan parkir area.
Posisi  Pemandian Dewi Sri sangat strategis, karena Pemandian ini berada diantara obyek wisata yang ada di Kota Batu serta obyek wisata di Ngantang ( Bendungan Selorejo ). Salah satu kelebihan Pemandian Dewi Sri dibanding pemandian lainnya  adalah kesegaran serta kebersihan airnya. Air dengan debit 160 l/ dt mengalir diantara akar pohon Pinus dan pohon Gintungan.  Air dari sumber Dewi Sri ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit pegal / reumatik dan membuat awet muda.  Sumber air Dewi Sri bersih dan sehat. Uniknya, saat musim   hujan, air dari sumber ini tidak keruh. Saat ini, di Pemandian Dewi Sri ada tambahan wahana baru, yaitu Flying Fox.

C.  Pasar (Sub Terminal) Agibisnis Mantung

 1387410352642494259

  
Berdiri di atas bukit kecil dataran tinggi di wilayah Kecamatan Pujon. Sub Terminal Agrobisnis Mantung mampu mendunia-kan komoditas sayur mayur dan holtikultura hasil bumi petani lokal. Selain memenuhi kebutuhan pasar regional dan nasional, komoditas dari Mantung juga menyeberang ke Singapura dan Malaysia. Di pasar ini, anda dapat membeli komoditas pertanian dari daerah sekitar dengan harga murah.

D.  Coban Manten

 1387410528943222086
 
Coban ini masih berada di kawasan Pandesari kecamatan Pujon. Mungkin beberapa orang baru mendengar nama coban ini. Air terjun ini merupakan rangkaian air terjun yang paling atas setelah  Coban Tengah dan Coban Rondo. Untuk menuju tempat ini, diperlukan waktu sekitar 2 jam dari bumi perkemahan Coban Rondo. Perjalanan ke mata air ini membutuhkan perjuangan ekstra karena medan yang licin,  jarak yang lumayan jauh (3-4 km) dan harus melalui susur sungai. Maka dari itu coban ini jarang di datangi para wisatan mungkin hanya para pendaki gunung maupun para penikmat alam. Dinamakan wisata Coban Manten karena ada dua air terjun yang berdiri sejajar layaknya pasangan pengantin di pelaminan Air terjun ini sangat direkomendasikan kepada pecinta alam maupun para penikmat alam.


2. Kecamatan Ngantang

A. Waduk Selorejo
Objek Wisata Bendungan Selorejo berlokasi di desa Selorejo Kecamatan Ngantang, berjarak sekitar ± 48 km dari Kota Malang. Waduk yang sudah lama dikelola oleh PT. Jasa Tirta ini menjadi daya tarik wisata yang kuat, dengan udara yang sejuk dan pemandangan yang sangat menawan membuat objek wisata alam ini menjadi salah satu tempat wisata favorit masyarakat Malang Raya.
Waduk Selorejo ini dikelilingi banyak Gunung mulai dari Gunung Kawi, Gunung Anjasmoro dan Gunung Kelud yang membuat tempat wisata ini semakin unggul dari wisata lainnya yang pernah Anda kenal. Di objek Wisata Bendungan Selorejo ini, Anda dapat menikmati beberapa fasilitas yang memang disediakan untuk melengkapi kebutuhan Anda disana. Mulai dari penginapan, kolam renang, gedung pertemuan, tempat makan, hingga persewaan perahu. Dengan biaya sekitar Rp.10.000,- Anda sudah bisa menikmati keindahan panorama Waduk Selorejo. Setelah puas menikmati keasrian alam di objek wisata ini, Anda bisa menemukan kebun jambu yang berlokasi tidak jauh dari objek Wisata Waduk Selorejo. Dengan hanya membayar Rp.1000,-/orang, Anda sudah dapat menikmati buah jambu sepuasnya yang jarang Anda temukan ditempat lain.

13874106942013999325
Di obyek wisata ini juga terdapat jembatan gantung yang menjadi sarana untuk menghubungkan kolam renang dengan taman wisata. Bagi anda yang mempunyai hobi jalan sehat, jembatan gantung merupakan jalur jogging track di sepanjang sisi waduk.

13874108464279169

B. Wisata Durian
Salah satu andalan Kecamatan Ngantang adalah buah durian. Tidak heran, di pinggir jalan raya Ngantang-Kasembon akan anda jumpai para penjual durian dengan berbagai variasi harga. Anda bisa langsung memakannya di sana atau anda bawa pulang. Ciri khas durian Ngantang memiliki struktur daging tebal, berwarna jingga, rasanya manis legit dan terasa kesat.

13874109902121452168

C. Makam Trunojoyo
Di Kecamatan Ngantang terdapat salah satu pahlawan nasional, yakni Trunojoyo, tepatnya di Bukit Selokurung. Trunojoyo merupakan seorang bangsawan Madura yang pernah melakukan pemberontakan terhadap pemerintahan Amangkurat I dan Amangkurat II dari Mataram (didukung VOC). Tidak banyak orang mengetahui bahwa di Kecamatan Ngantang ada makam salah satu pahlawan nasional.

D. Makam Karaeng Galesong
Karaeng Galesong merupakan menantu dari Trunojoyo dari Makassar yang turut berjuang melawan VOC. Makam pahlawan ini terletak di Desa Kaumrejo, Kecamatan Ngantang.


138741161480636960


3. Kecamatan Kasembon
Kecamatan ini merupakan kecamatan paling barat di Kabupaten Malang dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Kediri. Secara geografis, Kecamatan Kasembon lebih dekat dengan pusat Kota Kediri daripada pusat Kota Malang. Beberapa wisata andalan Kecamatan kasembon antara lain :

A.  Kasembon Rafting
Di Kecamatan Kasembon terdapat salah satu tempat wisata yang dapat memacu adrenalin, yakni Kasembon Rafting. Tempat wisata ini terletak di desa Bayem kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang. Kasembon Rafting menawarkan sensasi berbeda dibandingkan tempat rafting-rafting yang lain. Keunggulan dari tempat ini adalah tempat raftingnya yang terkenal menghadirkan pemandangan indah, asri dan lokasi yang dikelilingi pegunungan dan bukit serta pemandangan alami sawah-sawah. Tempat Rafting Kasembon memiliki lima kanal dengan ketinggian 2 – 3 meter dan difficulty level berkisar sekitar 2 sampai 3 cocok buat para rafter-rafter pemula maupun profesional. Jalur Kasembon Rafting ini melewati desa Bayem – Bejirejo – Sepudak dan berakhir di desa Mangir yang masih berada dalam wilayah kecamatan Kasembon.

13874118291363121222


B. Waduk Siman
Letak Waduk ini masih berdekatan dengan Kasermbon Rafting, tepatnya di perbatasan antara Kecamatan Kasembon dengan Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri. Waduk ini juga digunakan sebagai PLTA SIman. Di Waduk ini anda bisa memancing, melihat keindahan alam berupa rangkaian pegunungan di sebelah timur, serta anda dapat ,merasakan sensasi melewati jalan tepat di atas bendungan. Yang menyenangkan, untuk memasuki obyek wisata ini anda tidak dipungut biaya alias gratis.

13874119051596235953



13874119771501491688


Nah, seru bukan berwisata di eksklave Kabupaten Malang? Ayo tunggu apa lagi, datanglah ke Malang, dan kami siap menyambut anda.. :D





Tidak ada komentar:

Posting Komentar